Panduan Memburu Keberkahan

Oleh : Fajar Kurnianto
Alumnus UIN Jakarta

Judul buku : Tabarruk; Memburu Berkah Sepanjang Masa di Seluruh Dunia Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah
Penulis : Dr. Nashir bin ‘Abdurrahman bin Muhammad al-Judai’
Penerbit : Pustaka Imam Asy-Syafi’i, Jakarta
Tahun : I, April 2009
Tebal : xxiv+669 halaman

Realitas memburu berkah dapat dipastikan ada pada hampir semua agama, tidak terkecuali Islam. Antusiasme orang-orang dalam memburu berkah terlihat sangat besar. Pada umumnya, keberkahan diburu dengan alasan anjuran agama, di samping bahwa keberkahan akan membuat seseorang mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat atau terhindar dari hal-hal buruk dalam hidupnya.

Dalam Islam, anjuran untuk memburu berkah juga sangat ditekankan. Namun, ada rambu-rambu dan aturan main yang perlu ditaati, karena memburu berkah adalah termasuk bagian dari ibadah yang mesti memiliki pegangan dan landasan yang benar, baik dari Alquran maupun hadis-hadis Rasulullah yang shahih. Apa yang biasa atau sudah ditradisikan oleh banyak orang secara turun-temurun tidak selalu sesuai dengan landasan agama. Tidak jarang malah banyak yang melenceng, sehingga membahayakan tauhid seseorang.

Buku Tabarruk: Memburu Berkah Sepanjang Masa di Seluruh Dunia Menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, sebuah disertasi doktoral karya Dr. Nashir bin ‘Abdurrahman bin Muhammad al-Judai’, mengupas secara mendalam dan ilmiah seputar masalah memburu berkah dalam ajaran Islam. Hal-hal apa saja yang bisa diburu berkahnya atau mengandung keberkahan dan hal-hal apa saja yang dilarang untuk diburu berkahnya karena memang tidak mengandung keberkahan, hanya sebatas anggapan orang ada berkahnya, padahal menurut ajaran Islam tidak ada berkahnya sama sekali.

Buku ini dibagi menjadi empat bab selain pendahuluan dan penutup. Bab pertama mengungkapkan hal-hal apa saja yang diberkahi Allah. Bab kedua mengupas tentang usaha-usaha mencari berkah yang disyariatkan. Bab ketiga mendata upaya-upaya mencari berkah yang dilarang. Bab keempat menjelaskan sebab-sebab mencari berkah yang dilarang. Dengan ulasan yang sistematis dan ilmiah, buku ini bisa dipertanggungjawabkan dan bisa menjadi bahan diskusi yang menarik.

Gairah umat Islam untuk menjalankan ajaran agamanya begitu tinggi. Lebih khusus lagi terkait dengan masalah memburu berkah. Setiap tahun dan di banyak tempat di berbagai belahan dunia, umat Islam melakukan ritual-ritual yang mereka anggap mengandung berkah dan menjadi sarana untuk mendapatkan keberkahan. Allah memang Maha Memberi berkah dan meletakkan keberkahan pada banyak hal agar manusia mendapatkannya. Akan tetapi, tidak semua hal mengandung keberkahan, meskipun orang-orang menganggapnya mengandung keberkahan. Buku ini menjadi referensi yang cukup representatif untuk menguak rahasia keberkahan menurut kacamata Alquran dan hadis-hadis Rasulullah yang shahih. Agar kaum Muslimin bisa betul-betul mendapatkan keberkahan yang hakiki, bukan keberkahan yang palsu. Selamat membaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s